Beda Ruh dan Sukma by Ismed Hafiy

Perbedaan Roh dan Sukma. Ini nih yang suka bikin orang bingung. Roh dan Sukma. Jika Anda sering menonton video pengobatan Ningsih Tinampi, Anda pasti akan sering mendengar istilah Sukma.
Sukma itu apa sih?
Kenapa setiap mengobati orang sakit, Ningsih Tinampi selalu bilang sukma orang itu sudah di ‘ambil‘. Apakah Sukma sama dengan Roh?
Lalu apa itu Ruh/Roh?

PortalFiksi – Ismed Hafiy. PF Lover, setelah membaca dan mendengar dari banyak sumber yang tidak bisa kami sebutkan di sini, Admin PF memiliki pendapat sendiri tentang Ruh dan Sukma. Karena Alah sudah berfirman bahwa Manusia tidak di beri pengetahuan tentang Ruh kecuali hanya sedikit, maka dengan yang sedikit itu saya coba menuliskan menjabarkannya di sini. Sehingga ketika membaca tentang cerita-cerita supranatural di portalfiksi baik Creepy Pasta, cerita horror atau cerita seram sekali pembaca tidak akan binggung dan bertanya-tanya lagi apa itu Sukma dan apa itu Roh.

Dalam salah satu Videonya, Ningsih Tinampi pernah di kecam banyak orang karena mengatakan kalau sukma orang mati bisa di panggil dan di perbudak oleh dukun. Sukma-sukma itulah yang kemudian menjadi setan marakhayangan. Para Netizen berang, karena mereka menganggap sukma sama dengan roh dan roh pasti akan kembali pada sang pencipta begitu manusia mati.

Saya tidak ingin kita ada perdebatan tak berarti tentang Roh dan Sukma. Karena Portal Fiksi memiliki Penulis yang suka menyumbangkan tulisan-tulisan horrornya. Oleh karena itu, dalam postingan ini, admin PF akan menjelaskan sedikit beda definisi Roh dan Sukma sesuai dengan pengetahuan yang admin PortalFiksi miliki. Dan yang selanjutnya akan menjadi pedoman penulisan bagi siapapun yang ingin menulis cerita horror di portal fiksi.

Hal ini Admin lakukan demi kesamaan visi dan misi yaitu untuk berbagi ilmu. Jadi portalfiksi bukan hanya sekedar berbagi cerita fiksi tapi diharapkan pembaca mendapat ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat dari setiap cerita yang dibaca.

Ruh / roh adalah …. selengkapnya

__Posted on
February 18, 2020