Sukma adalah Identitas Manusia

Sukma adalah Identitas Manusia. Sukma dikenal oleh banyak orang sebagai jiwa. Dan Jiwa menurut Kamusq.com adalah identitas manusia. Maka Sukma bisa di katakan adalah manusia itu sendiri dalam bentuk halus.

PortalFiksi – Ismed Hafiy. Manusia yang hidup memiliki jiwa. Agar bisa memiliki jiwa, manusia harus bernyawa. Ketika jiwa pergi meninggalkan raga, maka namanya bukan lagi jiwa tapi sukma. Sukma adalah jiwa manusia.

Sukma manusia yang bisa keluar masuk tubuh ada 4 yang dibedakan berdasarkan auranya. Ada sukma merah, kuning, putih dan emas (Tanya bu Ningsih Tinampi kalau ingin tahu lebih jelas). Agar kinerja tubuh manusia bisa sempurna ke empat jiwa itu harus lengkap. Salah satu saja keluar dari tubuh, maka kinerja tubuh akan terganggu.

Kinerja tubuh yang dimaksud di sini adalah mekanisme kerja secara keseluruhan. Seperti berpikir, berinteraksi dan aktivitas keseharian (makan, minum, bekerja, belajar, dll)

Jika salah satu atau salah dua sukma tidak berada di tubuh, kinerja tubuh tidak akan sempurna. Terlalu banyak melamun, banyak bengong, pemarah, dan lain-lain bisa menjadi indikasi kalau sukma dalam tubuh tidak lengkap.

Tidak lengkapnya sukma dalam tubuh manusia bisa di sebabkan oleh banyak hal, diantaranya:

  1. Perjanjian dengan syaithan (jin kafir) seperti perjanjian nasab atau kasab.
  2. Tertawan atau diambil paksa oleh kekuatan lain seperti sihir.
  3. Karena adanya tekanan fisik/jiwa yang sangat kuat, seperti trauma, teror, siksaan atau kecelakaan.
  4. Karena ketertarikan, kesukaan (termasuk empati) kepada sesuatu yang diharamkan atau ketertarikan yang amat sangat (isrof, tabdzir) kepada sesuatu yang asalnya mubah.

Salah satu dari ke empat hal diatas bisa menyebakan sukam seseorang tidak lengkap. Bahaya yang paling besar yang mengancam sukma adalah dari point 1 dan 2 karena sudah melibatkan makhluk lain.

Hilangnya salah satu atau sukma bisa menyebabkan kekosongan jiwa. Dan kekososonganjiwa seperti itu menyebabkan makhluk-makhluk halus lain masuk dan melengkapinya.

Penyebab seseorang kerasukan Jin atau makhluk halus lainnya…. selengkapnya

__Posted on
February 21, 2020