Seputar VIRUS

Adanya Wabah penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh Virus Corona memaksa Admin untuk kembali membuka Buku Materi Biologi SMA kelas 10 yang membahas tentang Virus. Untuk menyegarkan ingatan dan menambah pengetahuan.

Virus berasal dari bahasa Latin yang artinya RACUN. Disebut racun, karena virus bersifat patogen. Artinya virus dapat menimbulkan penyakit pada inangnya. Virus hidup sebagai parasit karena mikroorganisme ini tidak memiliki perlengkapan seluler yang memungkinkan ia melakukan metabolisme sendiri. Agar bisa bereproduksi virus harus berinteraksi dengan makhluk hidup lain. Hampir semua makhluk hidup bisa menjadi inang virus, baik itu manusia, hewan, tumbuhan ataupun mikroorganisme lain.

Virus berkembang biak dengan cara mereplikasi diri. Untuk replikasi, virus memerlukan asam nukleat. Asam nukleat yang dibutuhkan bisa berupa DNA ataupun RNA.

Para ahli mengambarkan virus sebagai organisme di ujung kehidupan. Hal ini karena virus serupa dengan makhluk hidup dalam hal kepemilikan gen, kemampuan berevolusi, mengalami seleksi alam serta mampu memperbanyak diri. Masalahnya meski memiliki gen, tapi virus tidak punya sel. Padahal semua ahli sepakat bahwa sel adalah unit dasar kehidupan, tempat dimana proses metabolisme.

Oleh sebab itu, muncul perbedaan pendapat apakah virus termasuk golongan makhluk hidup atau hanya sekedar struktur organik yang berinteraksi dengan makluk hidup.

SEJARAH PENEMUAN VIRUS

__Posted on
August 15, 2020
__Categories
Biologi