Mumpuni RATU RETORIKA zaman now?

Ratu Retorika itu bermana Mumpuni HANDAYAYEKTI. Siapa Mumpuni Handayayekti? Dia adalah seorang penceramah, orator, ustadzah muda belia dari Kroya Cialacap yang saat ini sedang naik daun.


Di Indonesia Kita mengenal Ir Soekarno, Buya Hamka, bung Tomo, KH Zainuddin MZ, Habib Rizieq dam masih banyak lagi orator Indonesia yang tidak bisa saya sebutkan namanya. 4 yang pertama sudah almarhum. yang terakhir sudah lama tidak terdengar kiprahnya, mungkin masih ber orasi tapi hanya di depan jamaahnya dan pengikutnya saja. Dan ada satu yang tidak saya sebutkan diatas, yang sekarang sedang viral, lovernya dari seluruh penjuru dunia, suaranya terdengar di mana-mana, dikagumi anak muda, disayangi kaum hawa, di puja para bapak, dan ditaksir jutaan pria pendamba istri. Dia adalah MUMPUNI HANDAYAYEKTI.


Kenapa saya menyebut Mumpuni Handayayekti ratu retorika? Karena kemampuannya mengolah kata, menyusun argumen dan menciptakan persuasi lalu menyampaikannya di hadapan publik begitu mengagumkan. Bisa membuat orang terpana dan takjub. Termasuk saya. Tidak mungkin dia bisa melakukan itu jika dia tidak memahami ilmu Retorika dengan baik dan benar.


Apa julukan paling baik untuk seorang yang ahli di bidangnya selain ratu atau Raja?


Kemampuan bicara memang bakat, tapi kepandaian bicara yang baik memerlukan pengetahuan dan latihan agar apa yang dibicarakan njalur, tidak asal njeplak. Dan Mumpuni punya keduanya. Bakat bicara dan kepandaian berbicara. kedua hal itulah yang mengantarkan Mumpuni Handayayekti menjadi terkenal dan dipanggil untuk berceramah di mana-mana.

Yang paling menarik dari Mumpuni adalah spontanitasnya saat diatas mimbar. Terutama saat membalas komentar jama’ah. Semenyakitkan apapun komentar itu, sepedas apapun celetukan itu, Mumpuni selalu berhasil memanfaatkan sisi positifnya. Jarang sekali mumpuni marah atau tercekat atau sammpai nge blank karena terpengaruh komentar atau celetukan jamaah. Yang ada malah jamaah jadi tersenyum atau tertawa kagum karena Mumpuni berhasil mengembalikan feedback dari audiens atau jamaah dengan elegan tanpa menjatuhkan dan disaampaikannya lewat guyonan.


Kadang saya berpikir, apa begitu kuat mental Mumpuni sehingga dia mampu menyembunyikan isi hati yang sesungguhnya saat medengar celetukan atau komentar negatif jama’ah?


Tidak mungkin tidak nelangsa saat dibilang bibirnya kapalan karena kebanyakan ceramah atau dibilang tidak laku kalau menentukan tarif?


Saya yang dengar saja merasa teriris. Tapi begitulah, jika Mumpuni baperan seperti saya maka dia tidak akan jadi ‘ratu’ seperti sekarang.


Kalau diadalan poling untuk seluruh rakyat Indonesia, siapa penceramah perempuan yang paling ingin didengar suaranya dan dihadiri ceramahnya pasti Mumpuni Handayayekti berada diurutan pertama. Karena suara Mumpuni memiliki magnet.


Tentang suara mumpuni ini temannya saya punya opininya sendiri… tetap Staytune di PortalFiksi. All about Mumpuni! (LeanitaQQ)