Resep Singkong Goreng Merekah ala Admin PortalFiksi

Resep Singkong Goreng Merekah teman setia reader portalfiksi. Membaca fiksi itu paling asyik dilakukan sambil ngemil. Salah satu camilan yang asyik untuk menemani reading time adalah singkong goreng merekah.

Singkong yang memiliki nama latin yang unik adalah tanaman yang paling mudah di tanam. Batangnya dibuang ket anah secara sembarangan saja bisa tumbuh dan berumbi (seperti lagunya Koes Plus yang judulnya: Kolam SUSU). Apalagi kalau di tanam secara konvensional. Umbi pasti sangat banyak. 

Singkong terkenal dan disukai oleh semua kalangan tak pandang usia. Apalagi jika sudah di olah menjadi camilan yang lezat dan sedap. Contohnya camilan Singkong Goreng merekah

Kenapa di sebut singkong goreng merekah? Karena singkong ini ketika di goreng di minak panas langsung merekah renyah, lembut dan gurih. Untuk mendapatkannya bisa di beli di kedai-kedai singkong goreng merekah yang banyak tersebar di kaki lima. Atau kalau Anda hidup didesa dimana orang jual camilan sedikit susah maka Anda bisa membuatnya sendiri. 

Singkong goreng merekah ini merupakan camilan favorit Admin PortalFiksi. Karena kebetulan di kebun banyak sekali tanaman singkong, maka Admin rela bertungkus lumus membuat camilan ini dengan tangan sendiri. 

Resepnya Admin dapatkan dari internet. Begitu di coba, ternyata sedap juga. Mirip seperti yang di jual oleh abang-abang kaki lima.

Berikut ini adalah resep singkong goreng merekah favorit Admin PortalFiksi.

Bahan-bahan:

  • Singkong 1 kg
  • Air es secukupnya
  • Munyak goreng

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • ketumbar bubuk 1/2 sendok
  • Garam secukupnya
  • Gula putih secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Kupas singkong, potong sekitar 8 cm, lalu belah 2.
  2. Kukus singkong sampai matang dan empuk
  3. Setelah singkong kukus dinging, goreng di minyak panas, selewatan saja.
  4. Rendam dalam bumbu halus yang telah dicampur air es sampai merekah.
  5. Angkat singkong dan tiriskan.
  6. Lalu goreng singkong dalam minyak panas sampai kuning keemasan dan kememprul.
  7. Angkat dan sajikan. Lezat disantap saat masih hangat.